Sifat dan Ciri-Ciri Jambu Air

Tanaman jambu air punya ciri-ciri dan anatomi yang khas berkaitan dengan pohon, cabang, daun, bunga, buah, dan akar. Pohon Tanaman jambu air hidup menahun dan berbuah dua kali setahun, yaitu pada bulan Juli dan September. Pohonnya berkayu, tumbuh kokoh mencapai ketinggian 6-7 meter atau lebih. Kulit batangnya berwarna cokelat sampai cokelat kemerah-merahan.
Gambar pohon jambu
1.      Cabang
Percabangan tanaman jambu air cukup banyak mulai batang dekat permukaan tanah hingga ke bagian atas pohon sehingga bentuk tajuk tanaman melebar ke semua arah.
2.      Daun
Daun jambu air berbentuk bundar agak panjang dengan bagian ujung runcing. Letak daun berhadap-hadapan, tangkai daun pendek, dan secara keseluruhan tampak rimbun.
3.      Bunga
Bunga jambu air tumbuh pada dahan atau ranting yang tersusun dalam rangkaian atau dompolan. Bentuk bunga mirip cangkir, ketika mekar menebar aroma harum, dan tiap bunga memiliki banyak benangsari.
Bunga jambu air
4.      Buah
Bentuk buah jambu air amat beragam, di antaranya bulat, bulat memanjang mirip lonceng, agak gemuk mirip genta, bulat segitiga, dan bulat segitiga memanjang. Warna kulit buah bervariasi, ada yang putih, hijau, merah, merah kehijau-hijauan, dan hijau kelam kecoklat-coklatan dengan daging buah agak padat sampai padat sekali; kulit buah licin dan rasanya agak masam sampai manis menyegarkan. Buah yang masih (agak) muda ataubelum matang benar ada rasa sepetnya. Sebagian buah jambu air berbiji, namun ada pula yang tidak berbiji, tergantung kepada jenisnya
Buah jambu air
5.      Akar
Sistem perakaran tanaman jambu air menyebar kesegala arah dengan daya jangkau cukup dalam hingga menembus lapisan tanah dalam antara 2-4 meter atau lebih dari permukaan tanah. Tanaman jambu air asal biji memiliki akar tunggang yang amat kokoh dan dalam.

Comments