Resensi Buku Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Penulis Dr. Masganti Sit, M.Ag


A.  Biografi Buku
Penulis Buku          : Dr. Masganti Sit, M.Ag
Judul Buku             : Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
Penerbit                  : Perdana Publishing
Tahun Terbit           : 2015
Kota Terbit             : Medan
No. ISBN               : 978-602-6970-00-8
Jumlah Halaman     : 168 Lembar

B.  Isi Resensi Buku
Anak usia dini merupakan anak dalam kurun usia 0-6 tahun. Dalam proses perkembangan anak usia dini ini merupakan fase dimana anak dapat bertumbuh dan berkembang sesuai dengan faktor bawaan ketika mereka dilahirkan  dan faktor lingkungan yang ada disekeliling mereka. Perlunya arahan dan bimbingan dari orang tua maupun guru disekolah untuk membantu  perkembangan psikologi anak, dimana pada titik ini anak masih baru mengenal dunia barunya yaitu alam dan lingkungan social. Dengan adanya lingkungan baru tersebut anak tidak bisa langsung beradaptasi, adanya permasalahan-permasalahan yang muncul dalam diri anak tersebut yang mana masalah ini muncul sesui dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan mereka. Adanya ilmu pengetahuan psikologi anak usia ini dapat membantu guru maupun orang tua menangani masalah-masalah yang terjadi pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak.
Buku ini menjelaskan bahwa psikologi anak usia dini yang merupakan suatu ilmu pengetahuan yang yang mnegkaji, meneliti, dan mempelajariproses perkembangan mental, perilaku  dan fisik anak antara usia 0-8 tahun yang bisa diteliti dengan menggunakan penelitian kuantitaif dan kualitatif dengan metode eksperimen, tes, angket, sosiometri, observasi, wawancara mendalam, biografi, autobiografi dan studi dokumen. Masalah-masalah yang diteliti dalam psikologi perkembangan anak usia dini ini amengenai masalah bawaan dan bimbingan, kesinambungan dan ketidaksinambungan, seta pengalaman masa dini dan masa lanjut. Dalam hal ini manfaat kita mempelajaran psikologi perkembangan anak usia dini bagi guru adalah k ita dapat mneguasai dan memahami karakteristik peserta didik  dari aspek fisik, moral, social, kultural, emosional, dan intelektual, dapat memilih solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah pembelajaran didalam kelas, dan dapat mengembangkan berbagai macam strategi pembelajaran sesuai dengan perkembangan anak. Kemudian dalam buku ini terdiri dari tujuh bab diantaranya adalah :
  1. Pengantar Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
  2. Teori Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Psikologi Barat
  3.  Perkembangan Anak Dalam Al-Qur’an Dan Hadist
  4. Perkembangan Fisik Anak Usia Dini
  5. Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
  6. Perkembangan Agama Pada Anak Usia Dini
  7. Perkembangan Moral Anak Usia Dini

Secara keseluruhan buku ini sangat baik untuk dibaca bagi siapapun yang ingin memahami psikologi perkembangan yang terjadi pada anak usia dini. Karena didalamnya memuat banyak inf ormasi yang bermanf aat bagi pembaca. Tidak hanya bagi orang tua, namun bagi seorang guru juga penting dan tentunya mahasiswa dan para calon orang tua juga. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan baik dilingkungan keluarga, sekolah, dan juga masyarakat.
C.  Kelebihan Buku
Buku Psikologi Perkembangan anak usia dini  ini memiliki kelebihan yaitu penulis memberikan inf ormasi yang sangat cocok untuk dibaca oleh siapapun yang ingin mengerti dan memahami anak dalam usia dini atau pmasapra sekolah. Kemudian buku ini dilengkapi juga dengan tabel, gambar dan contoh yang memudahkan pembaca memahami isi buku. Selanjutnya dilengkapi dengan beberapa pendapat para ahli. Menyajikan berbagai inf ormasi yang belum banyak diketahui oleh orang tentang perkembangan anak anak usia dini. Dalam buku ini juga menampilkan perbandingan perkembangan anak usia dini dalam dunia barat, modern dengan apayang ada didalam isi qur’an dan hadist yang dapat membuat pembaca semakin yakin dengan isi dalam buku ini.
D.  Kekurangan Buku
Buku Psikologi Perkembangan Anak usia dini  ini memiliki kekurangan pada penggunaan kata asing yang belum tentu dipahami oleh orang awam. Selain itu dalam isi buku tersebut kurang lengkap dalam menjelaskan psikologi perkembangan social yang terjadi pada anak usia ini yang mana ini merupakan faktor penting juga dalam proses perkembangan anak untuk kedepannya.

Comments