Tujuan Hidupmu Apa?




Tujuan adalah arah atau haluan. Tujuan disini kita artikan tujuan yang universal atau menyeluruh. Masing masing manusia pasti mempunyai tujuan hidupnya. Manusia pasti mempunyai banyak tujuan disetiap langgkahnya. Tujuan seseorang berbeda beda. Tujuan ada yang baik dan ada yang tidak selamanya baik. Tergantung bagaimana dia meniatkan segala sesuatu mulai dari awalnya. Ketika orang lain melakukan sesuatu dengan tujuan awal yang baik maka dia akan mendapatkan kebaikan pula begitu juga sebaliknya. Semisal orang mencari nafkah tujuannya adalah untuk menghidupi keluarganya. Orang belajar tujuannya untuk mencari ilmu.


Dalam menemukan tujuannya setiap orang selalu menggalami suatu rintangan dan pilihan. Disetiap rintangan ini seseorang akan mengalami suatu ujian. Ujian itu bisa berupa materi atau berupa kondisi psikologi. Dimana kedua kondisi ini sangat mempengarui semunya. Pada kondisi tersebut setiap orang pasti mengalaminya. Yang perlu dipahami bahwa dalam kondisi seperti ini orang akan megalami kendala-kendala yang jika kendala tersebut tidak bisa dilalui dengan baik maka akan terjadi suatu hal yang fatal yang berakibat pada ketidak seimbangan antara apa yang kita inginkan dengan hasil yang didapatkan. Suatu contoh jika seseorang ingin hidupannya bermanfaat untuk orang lain, tetapi dia tak mampu merubah keburukan yang sebelum-sebelumnya dia lakukan maka hal itu sangat sulit untuk terwujud.

Belajar kaitannya dengan tujuan bahwa manusia ini hanya sebatas wayang yang setiap manusia tidak bisa memungkiri hal tersebut. Kita hanya diberi pilihan untuk jadi baik yang bermanfaat untuk orang lain atau jadi buruk yang tak bermanfaat sama sekali. Kehidupan seharusnya dilalui oleh setiap manusia adalah ketika manusia telah bisa memanusiakan manusia dan bisa menyayangi segala yang ada di alam semesta ini atau kata yang lain adalah mencari keridhoan Allah Tuhan Semesta Alam.

Comments