Cara Pemanasan Sebelum Melakukan Presentasi


Melakukan presentasi merupakan kebutuhan, kemampuan dan bakat diri yang harus dibiasakan. Dikalangan mahasiswa apalagi, semua dituntut untuk bias menyampaiakan materi yang dipelajarinya. Begitu juga bagi orang yang sudah bekerja. Tetapi yang menjadi kendala adalah melakukan presentasi di hadapan orang banyak bisa membuat seseorang merasa gugup. Benarkah? Kegugupan itu sebenarnya berasal dari diri anda bisa dikarenakan Anda kurang persiapan atau anda kurang percaya diri dengan penampilan anda. Untuk itu, pastikan persiapan segala sesuatunya secara matang dan berlatih. Hal tersebut demi menarik perhatian mereka yang hadir.
Bisa kita ketahui bahwa melakukan presentasi yang baik dan menarik perhatian rekan kerja yang lain, tentunya akan membuat diri Anda merasa bangga karena memiliki kemampuan bicara yang baik. Lalu bagaimana cara melakukan presentasi yang baik?

Berikut cara melakukan presentasi yang baik dan benar:
  1. Pastikan materi bahan dan perlengkapan dipersiapkan. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai persiapan adalah pastikan semua bahan materi dan perlengkapan Anda untuk melakukan presentasi sudah siap, seperti proyektor LCD, layar, papan tulis, proposal atau laporan, dan poster atau gambar-gambar jika memang dibutuhkan. Jika semua sudah dipersiapkan dengan baik, maka Anda tak akan merasa sangat khawatir untuk melakukan preentasi.
  2. Melakukan senam wajah sebelum presentasi. Anda bisa melakukan beberapa inisiatif untuk menghilangkan rasa gugup. Semisal, dengan melakukan senam wajah. Gerakkan mulut, dahi, pipi, hidung, dan dahi Anda untuk membantu menghilangkan rasa gugup sebelum presentasi.
  3. Mencuci tangan sambil berkaca. Sebelum presentasi itu dimulai, pergilah ke kamar mandi buang air kecil, lalu mampirlah ke wastafel. Anda bisa mencuci tangan sambil berkaca. Cobalah lihat wajah Anda dan pastikan penampilan Anda sempurna, seperti rambut dan riasan wajah.
  4. Menarik napas panjang Ust Ust Bukan hanya senam wajah saja yang bisa. Anda lakukan untuk menenangkan diri, Anda bisa menarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan kembali. Lakukanlah cara tersebut berulang kali sampai membuat diri Anda tenang.
  5. Jangan lupa berdoa, dan semua hal yang kita lakukan harus diawali dengan berdoa,termasuk itu presentasi. Dengan bedoa menyerahkan semua kehadapan Allah yang nantinya semua akan diberi kemudahan dan kelancaran untuk melakukan kegiatan tersebut, termasuk presentasi. Untuk itu, pastikan Anda berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan presentasi.
  6. Jangan lupa menyapa rekan kerja. Ketika presentasi akan dimulai, jangan lupa menyapa rekan-rekan kerja yang hadir di sana. Saat menyapanya, Anda harus mentap matanya. Ketahuilah bahwa rekan-rekan yang hadir itu butuh kepercayaan Anda melalui tatapan mata. Jangan membuat rekan-rekan atau klien ragu hanya karena Anda tidak menatap matanya.
  7. Menggunakan slide show yang menarik. Salah satu cara agar preentasi Anda tidak membosankan dan menarik perhatian rekan atau klien adalah membuat slide show yang menarik. Anda bisa menggunakan animasi sesuai dengan keformalan presentasi.
  8. Menggunakan bahasa yang baik dan benar. Agar presentasi yang dilakukan berjalan lancar, pastikan tidak gugup. Jangan terlalu sering menggunakan kata “di sini”, “mmmmm”, “eeee”, “jadi”, “nah”, atau mengulang kata-kata. Pastikan Anda menggunakan kata yang mudah dimengerti namun tetap formal. Gunakanlah bahasa Indonesia atau Inggris yang baik dan benar.
Itu tadi penasan yang mungkin bisa anda lakukan sebelum melakukan presentasi, supaya dalam presentasi anda menjadi lancar dan dapat diterima oleh orang banyak.

Comments