Bagaimana Kiat Menjadi Pribadi Yang Berkarakter


Tidak semua orang bisa menjadi pribadi yang berkarakter. Meskipun kebanyakan orang menginginkan kepribadian yang berkarakter. Tetapi semua orang mempunyai karaktenya masing-masing. Karakter sendiri setiap orang mempunyai definisinya masing-masing. Dalam kamus KBBI, karakter mempunyai arti tabiat, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang yang satu dengan yang lain. Bisa dikatakan karakter adalah watak seseorang.
Dalam hal ini penulis akan menyampaikan bagaimana mempunyai karakter yang disukai banyak orang. Karakter yang membuat kita mudah diterima banyak orang. Dari itu perlunya merubah tingkah laku kebiasaan kita sebagai berikut:
  1. Menghilangkan Ego dalam diri. Karakter yang berbeda-beda yang dimiliki setiap orang, dalam berteman perlunya kita rubah kebiasaan yang lebih mengutamakan ego tetapi lebih kepada kompromi dan menghargai orang lain. Dari situ secara tidak sadar kita akan lebih dihargai orang lain.
  2. Menjadi Humanis. Bijak menanggapi semua permasalahan yang datang kepada siapapun termasuk orang yang baru kita kenal sekalipun. Ramah dengan siapapun secara simpati maupun empati Anda akan lebih merasakan makna kehidupan dan rasa bahagia
  3. Ketengan Berfikir. Semua orang pasti mengalami suatu masalah. Masalah disitu harus kita hadapi dengan tenang. Keberhasilan seseorang ditentukan dari seberapa tenang dalam menghadapi masalah. Orang yang tenang akan membingungkan lawan dan ketenangan berfikir akan membuahkan hasil
  4. Murah Senyum. Senyum adalah poin terpenting menunjukkan inti dari karakter Anda. Dengan tersenyum berarti Anda sudah menghargai orang lain, dengan tersenyum Anda sudah menghormati orang lain, dan dengan tersenyum adalah cara mudah untuk membuat orang lain bahagia mengenal diri Anda.
  5. Berwawasan. Wawasan tidak perlu mengukur-ukur IQ. Wawasan tidak hanya pada bidang materi pembelajaran saja. Tetapi segala bentuk informasi yang anda peroleh entah itu tentang kesukaan, kejadian, fenomena, lingkungan tempat tinggal, wisata. Itu semua adalah inti dari wawasan itu sendiri. Jadi jangan sampai membatasi diri kita dengan wawasan yang baru.
  6. Komunikasi. Hubungan dengan siapapun ditentukan dengan gaya komunikasi kita. Dari nada intonasi, ucapan yang Anda keluarkan menentukan kualitas diri Anda. Perjelas intonasi dan ucapkan sesuatu yang baik saja. Harus bisa memilah mana yang seharusnya diucapkan dan yang tidak. Hindari berbicara tentang hal yang tidak pantas diucapkan. Misalnya, membicarakan keburukan orang lain, menjatuhkan seseorang, dll.
  7. Sudut Pandang. Orang yang berkarakter selalu berfikiran luas atau open minded, tetapi berdasarkan prinsip kehidupan Anda. Jangan pernah batasi diri Anda untuk mengetahui sudut pandang orang lain, sehingga Anda dapat mengerti cara berpikir orang lain. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda sudah belajar dan menerapkan menjadi penengah dan bukan menghakimi kehidupan seseorang.
  8. Diri Sendiri. Menjadi diri sendiri adalah hal yang paling penting. Ketahuilah seperti apa sifat dan sikap Anda. Kelebihan dan kekurangan. Serta Kebaikan dan keburukan Anda. Karakter adalah ciri khas Anda, tidak perlu menjadi orang lain, tetapi cukup belajar dari pribadi orang lain. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki karakter berbeda.
  9. Passion. Gairah hidup adalah kunci dari seorang pria yang menjadi magnet bagi semua elemen kehidupan. Sukses dengan apapun impian Anda saat ini, total dalam mengejarnya, dan menjadikan passion sebagai tujuan dan paling utama di hidup Anda. Impian adalah passion terbesar seorang pribadi yang berkarakter. Dan dengan passion Anda tak terhancurkan sedikitpun dengan apapun badai di luar sana!

Itu tadi sembilan hal yang harus diperhatikan dalam upaya untuk menjadi manusia yang berkarakter dan disukai banyak orang. Semua orang berhak untuk bisa menjadi orang yang berkarakter. Semua tergantung pada kemauan dan perubahan diri setiap orang. Orang yang sukses adalah orang yang mampu merubah kebiasaan buruknya. Semua orang punya kesempatan untuk sukses tinggal iya mau segera sukses atau diundur-unduk kesuksesannya.

Comments