Karakteristik Pohon Mangga


Pohon mangga secara ilmiah disebut mangifera indica. Nama buah ini berasal dari Malayalam Maanga. Nama ilmiahnya sendiri mengandung arti: (pohon) pohon mangga, yang berasal dari India. Berasal dari perbatasan India dengan Burma, telah menyebar ke Asia Tenggara setidaknya 1500 tahun yang lalu. Buah ini juga dikenal dalam banyak bahasa daerah seperti palm atau poh.

Karakteristik pohon mangga

1. Akar pohon mangga
Pohon mangga memiliki akar tunggang, jenis akar ini dimiliki oleh tanaman berkeping dua (dikotil). Fungsi akar memungkinkan pohon menyerap air untuk bertahan hidup, sehingga akarnya juga dapat memberikan dukungan bagi tanaman untuk Untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya.. Selain itu akar pohon berfungsi sebagai respirator dan cadangan makanan pada pohon.

2. Daun pohon mangga
Pohon mangga dicirikan denggan batang kayu yang kokoh, batang kayu memiliki kambium. Kambium mengalami dua arah perkembangan, baik perkembangan kearah dalam maupun luar. Kearah dalam membentuk kayu, sedangkan kearah luar itu membentuk kulit. Fungsi batang adalah pemopang, transportasi air dan bahan makanan, menyimpan cadangan makanan, dan peralatan pengembangbiakan.

3. Daun pohon mangga
Daun pohon mangga ini menyirip. Jenis tulang daun ini memiliki struktur seperti ikan. Fungsi daun adalah menghasilkan makanan, nafas dan penguapan.

4. Bunga pohon mangga
Bunga pohon mangga berbentuk bulir hujung, dengan panjang 1-040 sentimeter. Ukuran masing-masing bunga kecil sahaja dan berwarna putih, dengan lima kelopak, panjang 5-10 milimeter. Aroma bunga ini sedikit berbau harum. Setelah semua kelopak bunga jatuh semua, buah mulai membesar dan membutuhkan waktu 3-6 bulan untuk masak.

Comments