Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam



Dalam Islam ada sebuah hadits yang mengatakan, "untuk menghormati anak-anak dan untuk mengajar mereka dalam karakter yang baik.
Kita dapat melihat bahwa mengajar anak-anak, terutama yang muda, adalah wajib. Orang tua perlu melakukannya sejak usia dini agar bayi tumbuh dengan sempurna dan sebagai orang dewasa menjadi saleh atau jujur.

Mengajar anak-anak adalah tanggung jawab orang tua untuk menjadikan anak menjadi lebih baik dimasa mendatang. Oleh karena itu, orang tua perlu melakukan hal-hal berikut agar anak tumbuh dewasa:

1.    Berikan contoh yang baik
Pendidikan Islam awal dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Orang tua dapat memberikan contoh yang tepat untuk meniru anak-anak mereka.
Ketika mereka masih muda, anak-anak sering berpikir bahwa orang tua mereka benar. Memberikan contoh lebih tepat karena disamping memberikan suritauladan sesorang anak akan mengkuti kebiasaan yang dilakukan oleh orang tuanya, atau orang lain disekelilingnya. Mereka akan menyalin apa yang orang tua mereka lakukan tanpa meminta terlalu banyak.
Orang tua dapat memberikan contoh yang baik seperti memberi sedekah bagi mereka yang tidak sehat, mengucapkan selamat tinggal ketika mereka pulang, untuk bersikap sopan kepada semua orang. Anak-anak akan meniru apa yang dilakukan orang tua mereka dan terus mengajukan permohonan untuk dewasa.

2.    Mengajak bersama untuk melakukan ibadah
Ibadah adalah suatu keharusan bagi semua Muslim di dunia. Anak-anak perlu dididik sejak kecil untuk mau beribadah dan berdoa untuk orang tua mereka nanti ketika mereka tidak lagi di dunia.
Orang tua dapat memberikan contoh prosedur shalat, puasa, dan ibadah sunnah lainnya kepada anak-anak. Jika seorang anak tersesat atau sering lupa, orang tua dapat memberikan arahan atau peringatan agar mereka kembali ke jalan yang benar.

3.    Menyediakan lingkungan yang baik untuk anak-anak.
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, anak-anak dapat dengan mudah meniru perilaku orang lain. Jika dibiarkan dalam lingkungan yang tidak mendukungnya, maka tidak mungkin kebiasaan buruk diserap dan digunakan setiap hari.
Orang tua harus memiliki kontrol ketat terhadap siapa teman mereka.

4.    Mengajarkan Nilai-Nilai Islam dan Memperkuat Moralitas
Salah satu alasan terbesar bagi anak-anak yang tidak beragama dan orang tua adalah karena kurangnya nilai-nilai Islam. Untuk itu, orang tua perlu secara perlahan memperkuat karakter pada anak mereka dan terus memotivasi.
Jika gratis, orang tua dapat menawarkan nilai-nilai Islam universal yang mudah diterima. Ambil contoh Nabi dan para sahabatnya di masa lalu. Selain itu, nilai-nilai Islam juga dapat dipupuk melalui film-film Islam yang mengajarkan tentan keislaman.
Ini adalah penjelasan penting tentang pendidikan awal dalam Islam yang harus diambil orang tua. Semoga apa yang tertulis di atas dapat membantu kita belajar tentang anak menjadi lebih saleh.

Comments